Perawatan wajah

perawatan wajah | Tip perawatan wajah | kosmetik natural | wajah sehat bebas jerawat | wajah berseri dan bercahaya | Top 1 Oli sintetik mobil-motor indonesia | Top 1 Oli sintetik mobil-motor indonesia

Breaking

Kamis, 08 Agustus 2013

Cara Mengontrol Minyak di Wajah

Jakarta - Kulit memproduksi minyak yang disebut sebum, yang membuat kulit tetap kenyal dan sehat. Sebum juga melindungi kulit dari bahaya lingkungan luar, seperti polusi, matahari dan AC. Sayangnya, jika produksi sebum berlebihan maka membuat tampilan kulit jadi mengkilap.

Kulit wajah yang berminyak tidak hanya memperburik tampilan kulit, tapi juga memicu timbulnya jerawat. Jangan khawatir, terdapat tips dan trik untuk mengurangi minyak berlebih di wajah, seperti dikutip Allure.

1. Membersihkan Wajah yang Benar
Pilihlah pembersih wajah yang khusus untuk wajah berminyak. Pembersih untuk mengontrol minyak mengandung salicylic acid atau purifying clay yang aman digunakan setiap hari untuk menutup pori-pori yang besar dan terhindar dari minyak berlebih.

2. Hindari Menggunakan Moisturizer Ganti dengan Sunblock
Kulit yang berminyak tidak boleh terpapar dengan produk kosmetik dengan tekstur cream terlalu banyak. Jadi untuk perawatan siang hari, pilihlah menggunakan sunblock mineral dan tidak perlu lagi menerapkan moisturizer. Sunblock dengan dosis yang tepat (1 sendok teh) untuk seluruh wajah dan leher dapat mengontrol minyak berlebih, sekaligus melindungi kulit dari sinar matahari.

3. Powder Foundation
Foundation dengan tekstur creamy dan liquid dapat membuat tampilan wajah semakin berminyak. Pilihlah foundation bertekstur bubuk, yang dapat menyerap kelebihan minyak sekaligus meratakan warna kulit.

4. Perhatikan Makanan
Terdapat makanan yang dapat membuat kulit semakin berminyak, seperti junk food dan makanan pedas. Beralihlah ke makanan-makanan yang kaya akan vitamin A, yang dapat memperlambat produksi minyak.

5. Jangan Terlalu Sering Mencuci Muka
Kebanyakan orang cenderung sering mencuci muka untuk mengurangi minyak pada wajah. Padahal terlalu banyak mencuci muka justru akan membuat kulit kering dan memproduksi minyak lebih banyak lagi. Lebih baik serap minyak menggunakan kertas penyerap minyak.

(kik/fer)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar