Perawatan wajah

perawatan wajah | Tip perawatan wajah | kosmetik natural | wajah sehat bebas jerawat | wajah berseri dan bercahaya | Top 1 Oli sintetik mobil-motor indonesia | Top 1 Oli sintetik mobil-motor indonesia

Breaking

Senin, 27 Agustus 2012

Lestari Blog: Cara Merawat Wajah dengan Jamu Gendong

Perawatan kecantikan secara tradisional merupakan salah satu manifestasi kebudayaan yang diturunkan secara turun temurun dan telah menjadi satu bentuk seni kecantikan. Penilaian bentuk dan rupa serta norma-norma kecantikan berubah sesuai dengan tuntutan jaman, dan dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. Banyak usaha yang telah dilakukan oleh para ahli kecantikan dalam perawatan kecantikan baik menggunakan alat-alat modern maupun dengan pemakaian jamu-jamu tradisional. Perawatan kulit wajah merupakan bagian dari perawatan kecantikan yang telah dikenal sejak jaman dahulu kala dan telah menjadi bagian dari kebudayaan masyarakat.

Perawatan kulit wajah dengan bahan sintetik/ kimia sering kali menimbulkan masalah, dimana ikatan kimia yang terjadi antara bahan kimia dengan kulit wajah sering kali menyebabkan terjadinya iritasi. Sebagai contoh minyak mineral yang sering digunakan sebagai bahan dasar formulasi kosmetik perawatan wajah dapat menimbulkan komedo. Hal ini terjadi karena ukuran molekul dari minyak mineral yang pada umumnya besar akan menyebabkan sukar menyerap ke dalam pori-pori kulit sehingga dapat menyumbat pori-pori tersebut dan menimbulkan komedo.

Oleh karena itu trend yang popular saat ini adalah back to nature atau kembali ke alam yaitu dengan menggunakan tumbuh-tumbuhan/herbal sebagai bahan utama perawatan kulit wajah. Hal ini disebabkan karena bahan-bahan alami lebih dapat diterima oleh tubuh dibandingkan bahan sintetik. Tumbuhan yang dapat digunakan tentunya tumbuhan yang memang dikenal sejak dahulu kala bermanfaat dalam perawatan kulit wajah dan biasanya telah diolah sedemikian rupa dalam bentuk jamu-jamuan yang dapat diminum atau dioleskan langsung pada wajah. Merawat diri dari dalam sangat perlu untuk memastikan kesehatan tubuh yang seterusnya akan menyempurnakan kecantikan luar. Dengan demikian jamu dan kecantikan merupakan pasangan kembar yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya dan kecantikan merupakan idaman setiap orang khususnya wanita.

Jamu dibuat dari bahan asli tumbuh-tumbuhan, daun, akar, buah-buahan dan bunga-bungaan yang mempunyai khasiat untuk merawat kesehatan dan kecantikan. Kandungan senyawa kimia aktif yang terdapat pada tanaman adalah alkaloida, flavonoida, terpenoida, steroida, tanin dan saponin yang dapat diketahui dengan cara skrining fitokimia. Umumnya tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat dalam perawatan kulit wajah ini sering dipasarkan oleh pedagang jamu gendong dalam bentuk cairan yang dikemas dalam botol ataupun dalam bentuk lulur jika ada konsumen yang memesannya. Jamu yang dijual pedagang jamu gendong ini biasanya merupakan jamu hasil racikan sendiri atau dicampurkan dengan jamu yang telah dikemas secara modern. Dalam prakteknya, pembeli akan menyampaikan keinginannya atau keluhan sakitnya pada pedagang jamu.

Bahan-bahan jamu yang terdapat di dalam jamu gendong yang digunakan untuk perawatan kulit wajah dapat digolongkan atas 2 jenis, yaitu:

1) Bahan cair yang umumnya diminum dan merupakan hasil perasan simplisia yang segar. Bagian ini terutama mengandung temu-temuan antara lain rimpang kencur, rimpang kunyit, rimpang temulawak, rimpang jahe, dan rimpang lempuyang. Disamping itu ada juga bahan lain yang selalu ditambahkan ke dalam jamu tersebut yaitu: air gula, air perasa buah jeruk nipis, dan amilum beras.

2) Bahan lulur yang biasanya dioleskan ke kulit wajah. Bagian ini terutama mengandung daun-daunan yaitu daun mangkokan, daun kemuning, daun asam jawa serta temu-temuan yakni temu mangga, temu giring, temu kunci dan temulawak. Bahan yang dibuat menjadi masker dalam perawatan kulit wajah adalah tomat, mentimun dan bengkoang.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari pedagang jamu gendong, umumnya fungsi dari jamu tersebut baik yang diminum maupun yang dioleskan adalah untuk menghaluskan dan menyegarkan kulit.

Apabila dibandingkan dengan literatur masih ada fungsi lain yang lebih spesifik misalnya untuk flek hitam, jerawat dan lain sebagainya, misalnya temulawak dan kencur dapat digunakan untuk obat jerawat. Jamu yang secara umum diminum dalam perawatan kulit adalah jamu kunyit asam sehingga kurang bervariasi dibandingkan literatur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar