Perawatan wajah

perawatan wajah | Tip perawatan wajah | kosmetik natural | wajah sehat bebas jerawat | wajah berseri dan bercahaya | Top 1 Oli sintetik mobil-motor indonesia | Top 1 Oli sintetik mobil-motor indonesia

Breaking

Sabtu, 19 Februari 2011

Panduan untuk Merawat Kulit Berjerawat | Doktermu

Jerawat merupakan masalah utama yang dihadapi remaja di seluruh dunia. Tetapi, bukanlah hal yang jarang untuk menemukan jerawat pada seseorang berusia antara 20 - 40 tahun. Jerawat merupakan masalah kulit yang dikarakteristikkan dengan komedo (blackheads dan whiteheads), bintil-bintil, dan benjolan yang biasanya muncul pada wajah, leher, lengan atas, dan bahu. Bakteri, minyak berlebih, kotoran, make-up dan keringat merupakan beberapa faktor yang dapat menyebabkan jerawat.


Panduan untuk Merawat Kulit BerjerawatOleh karena itu, perawatan kulit harus ditujukan untuk menjaga kulit bersih dan mengurangi produksi minyaknya. Seseorang yang menderita jerawat harus mencuci wajahnya dengan air hangat dan sabun atau sabun cuci muka yang dikhususkan untuk kulit yang rawan jerawat.

Produk yang mengandung minyak teh dapat bermanfaat, sedangkan menggunakan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih tinggi diperlukan ketika sedang keluar pada siang hari dan krim malam harus dihindari. Astringen dapat digunakan untuk

membersihkan dan melumasi kulit, diikuti dengan pengaplikasian pelembab ringan berbahan dasar air. Bintil-bintil tidak boleh disentuh secara terus menerus atau dipencet karena akan memperparah masalahnya dan meninggalkan bekas.

 

Jus tomat, mint atau mentimun dapat dioleskan pada wajah dan leher karena mereka menjadikan kulit yang bebas noda. Sebagai tambahan, masker wajah mingguan yang terbuat dari bubuk almond, susu, dan air mawar dapat mencegah bintil-bintil dan menjadikan kulit bercahaya. Make-up berbahan dasar minyak tidak boleh digunakan pada kulit yang rentan jerawat. Walaupun banyak jenis dari concealer tersedia di pasaran untuk menyembunyikan noda kulit, mereka hanya memberikan solusi yang sesaat. Faktanya, beberapa concealer hanya akan menambah masalah jerawat.

Selain dari mengikuti aturan perawatan kulit dengan produk yang tepat, makanan juga harus dikendalikan untuk mencegah atau mengobati jerawat, karena jerawat juga merupakan hasil dari gangguan pencernaan. Konsumsi makanan yang digoreng, manis, teh, kopi, soft drink, dan alkohol harus dikurangi.

Jus lemon segar, tomat, atau wortel dapat dikonsumsi antara jeda sesudah makan karena dapat membantu membersihkan serta menghidrasi tubuh dari dalam, dan hanya tubuh yang sehat yang dapat memiliki kulit bercahaya dan sempurna. Oleh karena itu, kombinasi dari perawatan internal dan eksternal diperlukan untuk melawan jerawat.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar