Perawatan wajah

perawatan wajah | Tip perawatan wajah | kosmetik natural | wajah sehat bebas jerawat | wajah berseri dan bercahaya | Top 1 Oli sintetik mobil-motor indonesia | Top 1 Oli sintetik mobil-motor indonesia

Breaking

Minggu, 23 Juni 2013

Ini Dia Cara Tepat Pakai Krim

SUDAHKAH Anda tepat dalam pemakaian krim wajah? Jika belum, sebaiknya ikuti panduan berikut ini.  
Inilah penjelasan dr. Ismiralda Oke Putranti, SpKK, dermatovenereologist dari RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo, Purwokerto, sebagaimana dilansir Mom & Kiddie.


Cara pemakaian yang tepat
 
Pada kulit yang normal dan tidak bermasalah, tidak diperlukan krim perawatan khusus. Pada kasus-kasus tertentu, seperti kasus flek hitam dan kulit kering, biasanya digunakan pelembapnya dulu baru menggunakan krim perawatan.
 
Pemakaian krim perawatan biasanya dibagi minimal dua, yaitu krim pagi dan krim malam atau tiga, yaitu krim pagi, siang dan malam. Hal ini bergantung dari jenis perawatan, serta berat ringannya masalah. Sedangkan untuk krim antibiotik/anti jamur/analgetik, biasanya digunakan dua kali sehari.
 
Pada perawatan kulit khusus, penggunaan krim pagi, siang dan malam bergantung dari kandungan bahan aktif, fungsi dan kegunaannya, yaitu:
- Krim pagi biasanya berupa krim pelembap/vitamin dan tabir surya.
- Krim siang berupa tabir surya, biasanya merupakan pengulangan krim pagi, tabir surya setelah 4 jam beraktivitas.
- Krim malam biasanya berupa krim berbahan aktif derivat vitamin A, pencerah/antibiotik untuk kasus penuaan, flek hitam dan jerawat secara intensif. Mengapa diberikan pada malam hari? Pasalnya, mekanisme regenerasi sel-sel tubuh akan efektif dan maksimal pada malam hari dan dalam keadaan tubuh istirahat.
 
Bila ada luka, krim tetap bisa digunakan namun sebelumnya dioleskan krim antibiotik terlebih dulu. Bila luka/iritasi kulit disebabkan oleh pemakaian krim perawatan, sebaiknya krim tersebut dihentikan terlebih dulu sambil diberikan
krim anti peradangan yang harus diresepkan oleh dokter.

Idealnya, perawatan kulit diperlukan seumur hidup. Produk perawatan harian pada kulit yang tidak bermasalah bisa digunakan dalam waktu yang lama. Sedangkan produk perawatan kulit bermasalah baik jerawat, flek hitam maupun penuaan, diperlukan selama masalah tersebut masih ada dan harus dalam pengawasan dokter spesialis kulit. Tidak boleh digunakan secara bebas tanpa kontrol karena efeknya bisa menimbulkan iritasi bahkan kerusakan yang lebih parah.
 
Sesuai jenis kulit


Ragam produk krim perawatan kulit yang beredar di pasaran sangatlah banyak. Namun jangan salah pilih, sesuaikan krim dengan jenis kulit dan perhatikan juga masalah kulit yang ada.
Jenis kulit secara umum sendiri terbagi atas:
-Kulit normal, warna kulit tampak merata, bercahaya dan teksturnya kenyal.
-Kulit kering, tampak kusam, bersisik, kasar dan tampak keriput.
-Kulit berminyak -berdasarkan produksi kelenjar sebumnya (kelenjar minyak)- tampak mengilap dan pori-pori kulit juga tampak membesar.
 
Perawatan kulit tidak hanya sekadar menggunakan krim tetapi mulai dari proses pembersihan hingga perawatan sehari-hari pun harus tepat.
 
Kandungan dalam krim berbeda sesuai jenis kulit, yaitu:
 
-Krim untuk kulit normal biasanya mengandung bahan-bahan aktif serta minyak dan air dalam krim diatur sedemikian rupa sehingga bersifat menjaga kelembapan dan proses regenerasi sel kulit tetap baik.
 
-Krim untuk kulit kering mengandung lebih banyak minyak di dalamnya untuk menarik air dan mengurangi penguapan air dari pori-pori sehingga mampu memberikan kelembapan ekstra pada kulit. Selain itu, krim untuk kulit kering biasanya mengandung bahan aktif untuk merangsang pembentukan jaringan ikat kolagen kulit sehingga lebih kenyal dan kerutan halus menghilang.
 
-Krim untuk kulit berminyak lebih banyak kandungan air dibandingkan minyak dan seringkali dibentuk dalam bentuk gel agar dapat menyerap kelebihan minyak. Kandungan bahan aktif dalam krim memiliki fungsi menekan produksi sebum yang berlebihan.

(tty)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar