Perawatan wajah

perawatan wajah | Tip perawatan wajah | kosmetik natural | wajah sehat bebas jerawat | wajah berseri dan bercahaya | Top 1 Oli sintetik mobil-motor indonesia | Top 1 Oli sintetik mobil-motor indonesia

Breaking

Minggu, 20 Februari 2011

Bahaya Kosmetik Dan Obat Kecantikan - Perawatan wajah


liat kaca kok jadi rada aneh dengan mukaku ya? hahaha..padahal ga ada yang aneh. gara2 sering main sepeda, ini muka jadi kucel. kotor item, kusam wah pokoknya kalo diliatin jadi ilfil deh...


sempet kepikiran ikut perawatan wajah, garanya banyak temen2 cewek yang pada make. lagian sekarang klinik perawatan tuh banyak banget. gak cuma buat cewek aja. bagi siapa aja yang peduli dengan perawatan wajah, semua orang boleh masuk. tentunya beli dan make produknya yang lumayan mahal..! ;p
tapi taukah anda, ada banyak bahaya yang terkandung di dalamnya:


Kulit kembali remaja, tampak kencang, bersih,halus,lembut dan bercahaya,itulah klaim produk-produk kosmetik yang diluncurkan pada saat ini membuat banyak orang tergiur untuk menggunakan produk tersebut.siapa sih yang tidak mengharapakan dirinya awet muda? Waspadalah terhadap vitamin A asam yang kita kenal dengan nama tretinoin.Obat kimia ini memang bisa membantu membentuk struktur kulit baru.Selain membentuk lapisan kulit baru, ia juga mengganti dan memulihkan keausan serta kerusakan kulit pada lapisan luar.Hanya dengan cara membaluri permukaan kulit dengan krim tretinoin saja,Selain berefek sebagai peremaja kulit, tretinoin juga bisa meredakan jerawat, sproeten, bekas luka dangkal, serta menumbuhkan lapisan pada bagian kulit yang sudah melapuk.Kulit kembali kenyal seperti kulit bayi,bisakah itu terjadi?Kita tahu dengan bertambahnya usia, bantalan collagen kulit berangsur-angsur menipis, dan tak mungkin bisa sekenyal kulit bayi lagi. Kini, banyak produk kosmetik yang menawarkan produknya dengan iklan-iklan yang menyesatkan,dengan klaim wajah akan menjadi muda kembali.Banyak produsen yang menyediakan produk kosmetik dengan kandungan tretinoin hanya untuk meraih keuntungan yang besar .Ada pemahaman dimasyarakat Indonesia,biar kulit di kolong-kolong badan boleh kelam, tapi kulit muka mesti kinclong.Waspadalah!Tak sedikit krim peremaja kulit yang dijual bebas dengan kandungan tretinoin melebihi batas. Efek tretinoin berdosis lebih tinggi dari ketentuan memang lebih cespleng bikin kulit mengelotok, lalu tumbuh bersemi kulit baru. Namun apakah yang terjadi sebenarnya? Tidak semua wajah tahan menerimanya, sehingga merusak kulit,selain kulit muka berubah menjadi kepiting rebus, kemungkinan muncul lenting-lenting lepuh di kulit muka.Krim jenis yang sama sudah masuk desa yang celakanya tidak semua konsumen mengerti aturan pakai yang ditulis dalam bahasa asing. Bahwa krim yang mengandung bahan tretinoin tidak boleh dipakai siang hari (terpapar sinar matahari, selain sinar lampu UV), belum tentu semua konsumen tahu. Efek tretinoin diperkeras bila terpapar matahari.Pemakaian krim retinoin kadar rendah (0,05 persen), dan pemakaiannya pun tidak boleh setiap malam, Normalnya, hari-hari pertama pemakaian,kulit akan merah meradang dan terasa seperti kesemutan namun hal ini akan mereda sendiri dalam beberapa hari tanpa perlu menyetop pemakaiannya,Namun, jika kulit merah meradang tak kunjung mereda setelah beberapa hari dan kulit malah menjadi berwarna gelap, muncul lenting-lenting lepuh atau pengelotokan kulit dan rasa terbakar pemakaian tretinoin perlu dihentikan Namun, pada kulit yang sensitif, efek merah rneradangnya akant erus menetap, bahkan sampai berbulan-bulan setelah pemakaiannya dihentikan.

Pemutih kulit (skin whithning)

Entah bagaimana awalnya cantik identik dengan putih,bila tidak memiliki kulit putih rasanya kurang cantik.Banyak sekali wanita yang memimpikan kulitnya menjadi putih.Tahukah anda Hasil maksimal yang bisa didapat dari penggunaan pemutih kulit hanya perubahan warna yang senada dengan warna kulit lengan atas bagian dalam atau dada, senada dengan kulit di daerah yang cenderung tertutup dan tidak terekspos sinar Ultra violet.

Merkuri

Ingin menghilangkan noda atau flek hitam,wajah terlihat putih, segar, dan bercahaya? Jangan gunakan sembarang obat pemutih. Ingat resiko yang cukup berbahaya bagi tubuh anda. Wanita ingin tampil dan terlihat cantik itu hal yang wajar tetapi bukan berarti harus putih.

Saat ini banyak sekali produk kosmetik yang beredar dipasaran dengan kandungan merkuri.Hal ini dilarang oleh pemerintah Indonesia dan juga negara-negara lain baik negara maju ataupun negara yang masih berkembang.

Merkuri adalah logam berat berbahaya. Pemakaian dalam jumlah kecilpun dapat bersifat racun. Pemakaian merkuri dalam krim pemutih wajah bisa menimbulkan perubahan warna kulit, alergi, bintik hitam hingga iritasi. Manifestasi gejala keracunan merkuri akibat pemakaian krim kulit muncul sebagai gangguan sistem saraf, seperti tremor, insomnia, kepikunan, gangguan penglihatan, gerakan tangan abnormal (ataxia), gangguan emosi, gagal ginjal, batu ginjal.

Pemakaian merkuri dalam dosis tinggi, menurut BPOM, dapat menimbulkan kerusakan permanen otak, ginjal, gangguan perkembangan janin, diare hingga kerusakan paru-paru.Kasus keracunan merkuri, sering salah di diagnosis sebagai kasus Alzheimer, Parkinson, atau penyakit gangguan otak.Ciri-ciri kosmetik produk pemutih yang berbahan merkuri umumnya tampak pearly (putih mengkilap). Kendati tidak mencantumkan kandungan merkuri, tetap tidak boleh yakin pasti tidak bermerkuri.

Bagi banyak wanita munculnya mode atau trend baru yang muncul sangat berpengaruh terhadap penampilan dan sering kali yang menjadi perhatian adalah kulit,terutama kulit wajah.Hal tersebut membuat orang menggunakan berbagai obat pemutih sebagai jalan pintas yang menjanjikan. Tapi tahukah anda, sebenarnya kulit yang sehatlah yang jauh lebih penting. Kulit sehat akan memberikan kesan segar sehingga wajah terlihat bersinar dan bersih.Berbagai obat pemutih wajah dengan aneka merek, jenis, dan iklan menggiurkan pun bermunculan bak jamur di musim hujan. Sebenarnya amankah pemutih yang kita gunakan?

Hydroquinon adalah bahan kimia untuk mencuci foto namun banyak produsen kosmetik memasukan zat kimia ini melebihi kadar yang aman untuk kesehatan. Di Indonesia, batas toleransi penggunaan hidrokinon maksimal 2 % namun di Negara Eropa penggunaan obat ini sudah benar-benar dilarang. Hydroquinon, termasuk obat keras dan di Indonesia pemakaiannya harus berdasarkan resep dokter. Bahaya pemakaian obat keras ini membuat iritasi kulit, kulit kemerah-merahan,rasa pedih dan terbakar,kulit wajah menghitam,hiperpigmentasi atau flek hitam,gangguan pada kornea dan selaput mata,gangguan peredaran darah,gangguan pendengaran,menggigil,lemas,mual,muntah kram otot,sakit kepala,sukar bernafas, koma ,kanker kulit,sifilis kelainan pada ginjal, kanker darah (leukimia) dan kanker sel hati.

Sun protection (pelindung tabir surya)

Beragam produk kosmetik mengklaim mampu memberikan perlindungan terhadap sinar ultra violet. Beragam pilihan produk dengan nilai perlindungan yang beragam pula.Tahukah anda bagaimana cara kerja pelindung tabir surya atau sun protection factor (SPF).

Mulai dari produk yang memang berlabel sunscreen atau sunblock, sampai produk perawatan dan kosmetik harian lainnya seperti moisturizer, foundation, lipstik dan compact powder yang dilengkapi dengan perlindungan tabir surya. Perlu di fahami bahwa nilai SPF (Sun Protection Factor) hanya menyatakan perlindungan terhadap efek dari UVB, tidak terhadap UVA. Jika UVB menyebabkan efek segera berupa kemerahan dan nyeri pada kulit, UVA akan menembus lapisan kulit lebih dalam, merusak sel kolagen dan elastin sehingga timbul kerutan pada wajah (photo aging). Semua produk yang mengandung tabir surya efektif terhadap UVB namun hanya tabir surya yang memiliki spektrum luas ” broad spectrum ” yang akan memberikan perlindungan terhadap UVA dan UVB. Bisa juga dengan melihat kandungan zat aktifnya; titanium dioxide, zinc oxide dan avobenzone mampu memberikan proteksi terhadap UVA dan UVB.PABA (para amino benzoat) merupakan bahan aktif tabir surya . Namun ditemukannya banyak kasus alergi kulit akibat PABA dan sifat zat yang meninggalkan warna kuning pada bahan saat ini banyak produk tabir surya berlabel “PABA free”

Beraktivitas di dalam ruangan atau cuaca yang mendung tidak menjamin bebas dari radiasi, sinar UV dengan mudah dapat menembus melalui kaca, jendela dan tetap sampai ke bumi meskipun cuaca mendung.

Memilih kosmetik yang aman untuk kesehatan

Munculnya produk- produk kosmetik dengan berbagai macam penawaran dan iklan-iklan yang mengundang orang untuk berperilaku konsumtif mungkin akan membuat anda menjadi bingung dalam memilih produk mana yang cocok untuk digunakan.

Mungkin dalam benak anda akan muncul pertanyaan seperti apa sih pemutih yang baik dan bisa digunakan dengan aman? Pemutih yang baik adalah pemutih yang aman dan efektif, jika memang dinamakan pemutih harus menghasilkan sesuai dengan yang dijanjikan yaitu dapat memutihkan. Kerja pertama pemutih kulit adalah menghancurkan epidermis atau lapisan kulit teratas dari wajah maupun tubuh. Bahan seperti merkuri, hydroquinone memang terbukti reaktif dan sangat cepat melakukan proses pengangkatan ini. Secara teori, pemutihan kulit bisa saja dilakukan dengan penipisan kulit.Misalnya pemutihan dari luar menggunakan bahan scrubbing dari bengkuang (secara tradisional) atau bahan kimia. Tapi kalau kulit tipis terus-terusan terpapar matahari, akibatnya akan berubah warna jadi merah atau bahkan terbakar. Proses pemutihannya pun, membutuhkan waktu selama beberapa bulan. Pemakaian pemutih yang benar adalah hanya pada kulit yang berubah warna akibat terpapar sinar matahari. Untuk yang ingin berkulit putih, rajin-rajinlah membersihkan kulit dan hindari matahari.

Perlu beberapa cara penanganan yang tepat untuk perawatan kulit agar kulit tampak cerah (putih) dan sehat, salah satunya adalah menggunakan produk kosmetik pemutih. Namun tak semua produk kosmetika pemutih aman bagi konsumennya, ada beberapa bahan kimia yang terkadang masih dipergunakan dalam skin whitening (pemutih kulit) antara lain merkuri (Hg) atau air raksa inorganik. Bahan kimia tersebut dipakai untuk memutihkan kulit wajah. Pengunaan Merkuri sebagai pemutih bahkan tercatat dalam sejarah masyarakat di zaman Mesir Kuno. Masyarakat Mesir Kuno sudah memanfaatkan Merkuri.Pada abad 18 dunia kedokteran memakai merkuri sebagai obat sifilis.Sebenarnya ada jenis bahan pemutih lainnya yang dapat dipergunakan sebagai pemutih yang jauh lebih aman dari merkuri antara lain AHA (Asam Alfa Hidroksi), AHA yang terdapat dalam kosmetik pemutih dipasaran bebas umumnya berkadar 4 % sedangkan yang dianjurkan oleh dokter lebih besar dari 8%.Selain AHA, adalagi bahan pemutih lainnya yaitu Hidroquinon dan Asam Azaleat atau asam azelik. Sejumlah inovasi bahan dasar pemutih kini banyak ditemukan, kini banyak produk kosmetik yang menggunakan ekstrak mulberry, bengkoang , jeruk limun, arbutin, vitamin C atau AHA (Asam Alfa Hidroksi), Hydroquinone.Pemakaian kosmetik diindonesia yang harus menggunakan resep dokter adalah hidrokuinon,asam tretinoin dan asam azelik. Anda pasti sering melihat iklan-iklan di TV,Koran-koran atau majalah bahwa pemutih alami berasal dari bengkoang dan pelembab adalah mentimun.Jika anda memiliki jenis kulit yang berminyak disarankan untuk tidak menggunakan lotion karena hal ini akan mengakibatkan kulit anda menjadi tampak lebih gelap dan kusam

source:idajeane


Tidak ada komentar:

Posting Komentar