Perawatan wajah

perawatan wajah | Tip perawatan wajah | kosmetik natural | wajah sehat bebas jerawat | wajah berseri dan bercahaya | Top 1 Oli sintetik mobil-motor indonesia | Top 1 Oli sintetik mobil-motor indonesia

Breaking

Rabu, 28 Agustus 2013

Pria Boleh Saja Gunakan Kosmetik Wanita

TEMPO.CO, Jakarta--Untuk merawat wajah dan kulitnya, kaum pria biasanya memilih produk kosmetik yang berlabel khusus untuk pria. Padahal, produk berlabel khusus itu belum tentu cocok dengan karakter kulit mereka.

"Kalau bisa malah jangan pakai produk khusus pria, karena itu justru membuat kulit lebih kering," ujar dokter estetika, Kevin Maharis, dari Maharis Clinic , Rabu, 28 Agustus 2013.

Ia menjelaskan, kosmetik untuk pria biasanya dibikin dengan bahan yang lebih keras dengan asumsi kulit pria berbeda dengan wanita. Perbedaan ini, tak lain dikarenakan hormon testosteron yang ada di kaum pria yang bisa memicu keluarnya sebum lebih banyak di permukaan kulit sehingga kulit jadi lebih berminyak.

Biasanya, lanjut dia, untuk menekan produksi minyak yang berlebih ini digunakan kosmetik dengan bahan yang lebih keras dimana efeknya justru membuat kulit menjadi lebih kering.

"Padahal tidak semua kulit pria seperti itu, ada juga kulit mereka yang justru lebih halus dari wanita," jelas Kevin.

Oleh sebab itu, ia menyarankan para pria untuk menggunakan kosmetik dan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit mereka."Kalau memang itu ternyata produk kosmetik wanita ya tidak apa-apa, yang penting sesuai dengan kulit."

Kaum pria, kata dia, biasanya mulai peduli pada penampilan wajahnya begitu memasuki kisaran usia 20 tahun. Berbeda dengan wanita, yang begitu masuk masa remaja sudah mulai melakukan perawatan wajah karena masa pubertas yang mereka alami.

Hal itu sebenarnya tidak dianjurkan, sebab sama seperti perempuan, para pria begitu memasuki masa pubertas sebenarnya juga sudah memiliki masalah kulit seperti jerawat, komedo, dan lainnya.

Sayangnya, mereka lebih bersifat cuek ketimbang yang wanita. "Mereka baru sadar kesini-sini, tapi sudah telat. Bekas jerawatnya sudah banyak, sel kulit matinya juga sudah bertumpuk," tuturnya.

Sehingga, untuk mendapatkan kulit yang kembali normal memerlukan proses yang lebih lama. Apalagi pria sukanya perawatan yang instan, seperti pembersih wajah yang menggunakan scrub dimana setelah digunakan wajah akan terasa lebih halus dan kesat. "Padahal, pakai scrub setiap hari juga tidak bagus karena kulit memiliki masa regenerasinya sendiri."

GUSTIDHA BUDIARTIE

Terhangat:
Suap SKK Migas | Konvensi Partai Demokrat | Pilkada Jatim


Baca juga:

Penelitian: Mencuci Daging Ayam Datangkan Bakteri

Ali Hussain Khan: Usia 14 Tahun, Fisik 110 Tahun

Gamer Inginkan 5 Hal Ini Jadi Nyata

Pantau Keberhasilan Diet Lewat Ponsel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar