Perawatan wajah

perawatan wajah | Tip perawatan wajah | kosmetik natural | wajah sehat bebas jerawat | wajah berseri dan bercahaya | Top 1 Oli sintetik mobil-motor indonesia | Top 1 Oli sintetik mobil-motor indonesia

Breaking

Minggu, 14 Juli 2013

4 Syarat Dapatkan Kulit Wajah Sempurna Selain Pakai Produk Perawatan

Jakarta - Setiap wanita mendambakan kecantikan kulit yang sempurna: halus, cerah, berkilau, jauh dari jerawat, flek hitam serta tanda-tanda penuaan. Untuk mewujudkannya, tentu diperlukan perawatan yang rutin dan tepat. Minum cukup air putih setiap hari, memakai tabir surya dan rajin membersihkan muka tentu jadi syarat mutlak untuk menjaga kecantikan serta kesehatan kulit.

Tapi ada langkah-langkah lain yang tak kalah penting dan itu bukan sekadar dengan pemakaian produk perawatan saja. Asosiasi Penata Rambut Profesional dan Makeup Artist memberikan empat tips paling berguna untuk mendapatkan kulit sempurna dan bercahaya, seperti dikutip dari Female First.

1. Perhatikan Kebersihan Sarung Bantal
Ketika tidur, minyak, keringat dan debu bisa saja menempel pada sarung bantal dan selimut. Banyak orang yang tidak menyadari residu dan kotoran yang mengendap di sarung bantal akan menempel kembali pada kulit wajah di waktu tidur berikutnya. Hal itu bisa membuat wajah terkena bakteri atau kuman dan menyebabkan jerawat serta masalah kulit lainnya.

Untuk itu cuci dan gantilah sarung bantal minimal satu minggu sekali. Cara mencucinya pun perlu diperhatikan. Sedot terlebih dahulu debu-debu pada bantal menggunakan vacuum cleaner lalu rendam di air hangat yang telah diberi deterjen. Setelah itu jemur di bawah sinar matahari. Cara ini akan membantu mengurangi bakteri dan kotoran yang menempel pada sarung.

Satu lagi yang perlu dilakukan, adalah membalik sarung bantal setiap tiga hari sekali. Bagian dalam sarung tentunya lebih bersih daripada bagian luar setelah tiga hari dipakai. Cara ini akan meminimalisir menumpuknya kuman yang bisa saja menempel pada wajah ketika tidur.

2. Cuci Muka Lebih Lama
Sebagian besar wanita membersihkan wajah terlalu cepat karena merasa kulitnya sudah cukup bersih dengan pemakaian sabun. Padahal, formula atau bahan aktif akan bekerja lebih efektif jika menempel agak lama di permukaan kulit sehingga pembersihannya lebih mendalam. Maka dari itu sediakan waktu lebih lama saat membersihkan wajah. Baik itu saat menggunakan cleansing foam, cleansing oil atau milk cleanser.

Beri pijatan lembut pada wajah dengan gerakan memutar selama lebih kurang satu menit. Biarkan formula pembersihnya bekerja. Setelah itu baru bilas dengan air bersih dan keringkan menggunakan handuk lembut.

3. Hindari Sering-sering Menyentuh Wajah
Tanpa sadar, kita punya kebiasaan sering menyentuh wajah. Kebiasaan ini ternyata kurang menguntungkan. The National Health Institute di Bethesda, Amerika Serikat menemukan bahwa manusia menyentuh benda-benda 3,3 kali per jam dan wajah 3,6 kali per jam. Hal ini bisa jadi masalah karena jika terdapat bakteri di tangan lalu kemudian Anda menyentuh wajah, bakteri tersebut bisa berpindah ke wajah. Bakteri tersebut bisa jadi penyebab ketidaksempurnaan pada wajah Anda.

Menghentikan kebiasaan menyentuh wajah mungkin sulit dilakukan. Tapi Anda bisa mengurangi penyebaran bakteri dengan cara-cara berikut ini. Seperti yang direkomendasikan para dokter, ketika bersin, jangan menutup mulut dengan telapak tangan. Tapi gunakan siku atau lengan Anda agar tidak terjadi penyebaran bakteri. Selain itu selalu sediakan gel pembersih tangan yang bisa digunakan setelah Anda menggunakan toilet, mengetik di komputer atau menyentuh benda-benda yang banyak dipegang orang lain.

4. Jaga Rambut Tetap Bersih
Rambut, terutama yang mempunyai poni bisa menimbulkan noda pada wajah. Minyak yang berasal dari rambut bisa terbentuk dan berpindah ke wajah Anda. Penggunaan produk rambut seperti kondisioner, hair mask atau serum juga bisa memicu timbulnya jerawat karena formulanya dirancang khusus untuk rambut, bukan wajah. Jika menempel pada wajah bisa menimbulkan masalah kulit.

Anda tidak harus selalu mengikat rambut ke belakang atau tidak memakai poni sama sekali. Biar bagaimanapun, wanita tetap ingin tampil stylish dengan tatanan rambut terbaru. Solusi untuk mengatasinya ada dua. Begitu sampai di rumah, selipkan rambut di belakang telinga, jepit poni ke belakang dan kuncir rambut Anda. Kedua adalah dengan menggunakan produk rambut berbahan alami atau organik yang umumnya lebih lembut untuk kulit.

(hst/hst)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar