Perawatan wajah

perawatan wajah | Tip perawatan wajah | kosmetik natural | wajah sehat bebas jerawat | wajah berseri dan bercahaya | Top 1 Oli sintetik mobil-motor indonesia | Top 1 Oli sintetik mobil-motor indonesia

Breaking

Selasa, 15 Januari 2013

Mau Cantik? Coba Perawatan Tradisional ala Tiongkok | Nyata

Perawatan kecantikan dengan metode Traditional Chinese Medicine (TCM) makin banyak diminati. Perawatan kecantikan apa saja yang termasuk dalam TCM dan apa manfaatnya?

Berbagai perawatan kecantikan semakin banyak ditawarkan oleh klinik kecantikan. Bahkan, tidak sedikit yang menawarkan cara modern, dengan hasil instan.
Salah satu metode perawatan kecantikan yang kini semakin banyak diminati adalah metode Traditional Chinese Medicine (TCM).
Dikatakan Lucky Lac dari Health and Beauty Acupunture Chinese Herbal Medicine ̢۪QIHAI̢۪, pengobatan China klasik itu punya landasan bahwa segala proses dalam tubuh manusia berhubungan dan berinteraksi dengan alam atau lingkungan.

Empat Aspek Penting
Dalam praktiknya, kata Lucky, TCM mengenal empat aspek penting yang saling berkaitan dan memengaruhi satu sama lain. Keempat aspek itu adalah:
1. Akupunktur
Bangsa China menemukan dan memanfaatkan akupuktur dan herbal TCM untuk mengubah aliran energi dalam tubuh. Jika aliran darah (Xue) dan metabolisme lancar, maka Qi (chi) atau energi vital juga akan lancar. Begitu sebaliknya. Hingga, pasokan nutrisi ke seluruh tubuh merata dan kecantikan alami pun akan memancar ke permukaan.
Akupunktur kecantikan adalah prosedur tanpa operasi, yang membantu meremajakan dan merevitalisasi keseluruhan tubuh, serta menunda proses penuaan. Akupunktur kecantikan sendiri dapat digunakan untuk perawatan wajah, rambut, dan tubuh, seperti berikut ini:
- Perawatan Wajah
Akupunktur pada wajah berguna untuk membersihkan meridian-meridian dan memperbaiki sirkulasi darah di wajah, menunda proses penuaan, mengatur Qi dan memberi nutrisi pada kulit wajah.
”Karena itu, akupunktur pada wajah ini dapat digunakan untuk mengatasi keluhan seperti kulit wajah kusam, wajah berjerawat, munculnya kerutan halus, noda hitam, sebagai facial rejuvenation, dan untuk menjaga agar wajah tetap awet muda,” jelas Lucky.
- Perawatan Rambut
Untuk perawatan rambut, terapi dilakukan pada titik-titik yang ada di kepala, seperti titik meridian Du dan titik istimewa. Itu dimaksudkan untuk menstimulasi kulit kepala dan rambut, melancarkan sirkulasi darah di akar rambut dan kantung rambut.
”Dengan lancarnya suplai nutrisi pada rambut dan meningkatnya metabolisme lokal, tentu akan membantu pertumbuhan rambut dan memelihara rambut tetap hitam berkilau,” ujar Lucky.
- Tubuh
Terapi akupunktur pada tubuh ditujukan untuk mengurangi berat badan, dengan menghilangkan kelebihan timbunan lemak di tubuh. ”Kelebihan berat badan biasanya terjadi akibat defisiensi Qi dari ginjal, limpa dan lambung,” ucap Lucky.
Karena itu, akupunktur dilakukan pada aliran perjalanan meridian-meridian yang mengatur fungsi limpa, lambung, dan ginjal. Daerah yang ditusuk jarum akupunktur adalah sekitar telinga, tubuh, tangan, kaki dan perut.

2. Herbal
Herbal TCM dilakukan menggunakan bahan-bahan tanaman obat dari China, mulai akar, daun, batang, buah hingga biji-bijian, yang diramu secara khusus. Herbal TCM ini bisa digunakan untuk perawatan kecantikan maupun pengobatan gangguan kesehatan.

3. Life Style
TCM juga sangat memperhatikan keseimbangan main, body, dan soul. Jika ketiga unsur itu tidak seimbang, tentu akan membawa pengaruh buruk pada tubuh, tidak terkecuali pada kulit wajah.

4. Olah Raga
Olahraga yang dianjurkan dalam TCM adalah Chi kung dan Tai chi. Sebab, kedua jenis olahraga itu sangat mengedepankan kordinasi lima unsur dalam U Sing. Tapi,tidak tertutup untuk jenis olahraga yang lainnya.

Didasarkan pada Diagnosa Mendalam

Adapun tahapan yang dilakukan terapis untuk mendiagnosa pasien TCM:
- Pengamatan Gerak-Gerik
Begitu pasien datang, terapis biasanya sudah memperhatikan gerak-geriknya. Itu dilakukan untuk menentukan ada tidaknya gangguan meridian ataukah syndrome.
- Pengamatan Wajah (Shen)
Dalam TCM, wajah memiliki warna berbeda-beda, yang dikategorikan dalam lima unsur, yaitu kayu (warna hijau), api (warna merah), tanah (warna kuning), logam (warna putih), dan ginjal (warna hitam). Dengan mengetahui warna wajah pasien, akan diketahui letak ketidakseimbangannya.
- Perabaan Nadi
Perabaan pada nadi tangan akan memungkinkan diketahui terjadinya ketidakseimbangan dalam tubuh yang bisa disebabkan berbagai faktor.
- Pengamatan Lidah
Selanjutnya, terapis akan melihat kondisi lidah pasien, untuk mengetahui ada-tidaknya deviasi atau kekurangan pada unsur Yin dan Yang.
Hal itu meliputi hubungan antarorgan Zang (liver, jantung, limpa, paru, ginjal) atau disebut juga organ Yin. Dan Fu adalah organ pasangan dari Zang (kandung empedu, usus kecil, lambung, usus besar, kandung kemih) atau disebut juga organ Yang.
- Anamnesa
Dilakukan dengan cara menanyakan keluhan pasien, serta penegasan dari pengamatan, dan perabaan nadi. Biasanya mengenai kecenderungan lima rasa, yaitu asam, manis, pedas, asin, dan pahit.
- Terapi
Setelah lima tahapan itu, akan dilakukan diagnosa, setelah itu dilakukan terapi berupa akupunktur yang dibarengi pemberian herbal TCM.

Dilengkapi Terapi Moxibasi
TCM biasanya juga dilengkapi dengan terapi moxibasi untuk memperkuat (tonifikasi) titik akupunktur. Terapi ini berupa pemanasan pada titik-titik akupunktur menggunakan moxa yang dibuat dari daun hia yang telah digulung menyerupai cerutu.
Gulungan daun hia itu dibakar, kemudian didekatkan (tanpa menyentuh kulit) pada titik-titik akupunktur.
Dikatakan Lucky, terapi ini biasanya disarankan pada ibu hamil yang usia kandungannya sudah mencapai tujuh bulan. ”Selain untuk rileksasi, moxibasi dipercaya bisa membantu membetulkan letak posisi bayi yang sungsang dengan melakukan moxibasi di jari-jari kaki,” jelasnya. *Agnes/foto: net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar