Perawatan wajah

perawatan wajah | Tip perawatan wajah | kosmetik natural | wajah sehat bebas jerawat | wajah berseri dan bercahaya | Top 1 Oli sintetik mobil-motor indonesia | Top 1 Oli sintetik mobil-motor indonesia

Breaking

Kamis, 31 Januari 2013

Ini Rahasia Kulit Wajah Cerah Berseri

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti kompetisi menulis artikel yang diselenggarakan Biokos dan Kompasian, dengan segala kerendahan hati saya minta maaf jika waktu submitnya terlambat, dikarenakan saya tidak dapat mengakses web kompasiana (dikarenakan website down) di detik-detik terakhir batas waktu. Harap maklum. Terima kasih.

——-

Halo Kompasianer, bagaimana kabar kulit wajah Anda hari ini? Sudahkah Anda melakukan perawatan yang tepat untuk menjaga kesehatan serta mempertahankan rona cerah pada wajah? Hayoo, pada ngaca lagi kalau belum, coba diperiksa lagi apakah kulitnya masih se-terawat dulu? Karena pada dasarnya kulit yang sehat memancarkan bagaimana pribadi seseorang dalam merawat wajahnya serta kebiasaan yang baik.

Saya sendiri bukan model dengan kulit sempurna, melainkan seorang wanita yang pernah mengalami bagaimana rasanya punya kulit yang tidak sehat dan sekarang sedang berjuang untuk mengembalikannya lagi, dan berikut saya bagikan beberapa tanda pada kulit yang tidak sehat :

  1. Kulit wajah yang kusam : biasanya kulit kehilangan ronanya dan cenderung berwarna keabuan atau pucat, diakibat banyaknya sel kulit mati yang menempel di kulit dan tidak dibersihkan
  2. Berjerawat : kurangnya perawatan kulit, pola makan yang tidak seimbang, dan aktifitas yang tidak terjaga
  3. Kulit kering/bersisik jika digaruk : akibat tidak peka terhadap suhu udara lingkungan (dingin/panas) sehingga tidak pernah secara rutin menggunakan pelembab wajah ataupun lotion tubuh. Bisa juga kita menggunakan sabun yang salah untuk kulit kita.
  4. Flek hitam : akibat sengatan matahari terhadap kulit yang tidak dilindungi.
  5. Lingkaran hitam di area mata : Wah ini masalah terberat saya, karena tuntutan pekerjaan yang mengharuskan saya seringkali lembur bekerja dulu.
  6. Kerutan wajah dan tanda penuaan dini : garis tawa di dekat bibir yang sempat menjadi momok bagi saya, karena saya merasa kehadiran laugh line ini membuat saya terlihat sangat tua sekali.

Dan masih banyak lagi tanda-tanda kulit wajah tidak sehat yang tentunya kita semua tidak mau ada satupun yang mampir menghampiri kulit kita. “Memangnya untuk apa merawat wajah?” Semoga tidak ada tanggapan seperti itu dari para Kompasianer, sungguh sangat disayangkan kalau hingga saat kita masih belum mengetahui manfaat merawat kulit wajah. Baiklah kita melakukan perawatan wajah yang tepat dan teratur untuk menghindari berbagai macam masalah kulit yang semakin banyak bermunculan dewasa ini.

PERAWATAN YANG TEPAT KEMBALIKAN RONA WAJAHMU
Sebenarnya tidak sulit untuk memiliki kulit wajah yang sehat, asalkan kita punya niat yang kuat untuk mengusahakannya serta kesadaran bahwa kulit tidak sehat itu adalah masalah yang harus dihindari, semuanya pasti bisa dijalani. Dimulai dari penerapan kebiasaan yang baik untuk pola hidup kita selanjutnya adalah perawatan yang tepat untuk kulit, terutama kulit wajah kita. Percaya deh, kulit wajah yang cerah berseri alami lebih menarik daripada kulit wajah yang bagus karena pulasan make-up.

Perawatan kulit disini saya bagi menjadi dua, perawatan dari dalam dan dari luar.

PERAWATAN DARI DALAM TUBUH
1. Atur pola makan dan minum kita, perbanyak makan sayur-sayuran dan buah untuk memperkaya nutrisi serta melengkapi kebutuhan vitamin untuk tubuh kita, favorit saya adalah buah apel yang baik untuk sistem pencernaan dan juga baik untuk mencerahkan kulit. Pola diet yang tepat juga dianjurkan untuk menjaga berat badan tetap seimbang. Hindari makanan yang mengandung terlalu banyak bahan kimia yang susah dicerna oleh tubuh, sebagai catatan saya mulai mengurangi jenis makanan instan dan makanan mengandung perasa-pewarna-pengawet, lebih baik memasak makanan sendiri karena kita sendiri yang mengetahui tingkat kebersihan, kesehatan dan keamanannya. Tambahan vitamin yang dikhususkan untuk kulit juga baik untuk dikonsumsi tapi harus diperhatikan juga apakah sesuai dengan keadaan tubuh fisik kita.

2. SAY NO TO STRESS. Hindari stres berkepanjangan, hindari rasa jenuh dan buatlah hidup Anda menarik setiap detik walaupun Anda melakukan kegiatan rutin setiap hari. Awalnya sayapun begitu, saya merasa tidak mempunyai ‘hidup’ dengan bekerja di tengah rutinitas yang padat, tapi ternyata banyak hal-hal kecil di tengah rutinitas yang mampu memberi warna dan membantu kita keluar dari kejenuhan, coba deh direnungkan, pasti ada hal-hal menarik di sekitar kita yang seringkali kita lewatkan. Selain itu, sediakan waktu untuk mengerjakan hobi juga penting, karena hobi adalah melakukan hal yang kita sukai, jadi ‘me-time’ itu sangat penting lho, kompasianer.

PERAWATAN DARI LUAR TUBUH
1. Daripada make-up, awali perawatan kulitmu dengan produk-produk yang bersifat ‘mencegah, melindungi, dan memperbaiki’. Bedakan produk perawatan tubuh dan wajah karena keduanya memiliki kadar pH, tingkat elastisiras, serta kemampuan menyerap zar kandungan aktif yang berbeda. Contohnya; sabun untuk badan dan sabun untuk wajah, pelembap/krim ber-SPF tinggi (karena kita tinggal di Indonesia yang notabene negara beriklim tropis dan betapa saya rasakan bagaimana akhir-akhir ini sinar matahari sangat sakit sekali jika terkena di kulit) untuk wajah dan pelembap/lotion yang juga mengandung SPF tinggi. Untuk malam haripun kulit memerlukan perhatian dalam membantu proses regenerasi kulit dan pembentukan sel baru yang membuat wajah kembali segar, pilihlah krim malam yang baik, dan gunakan lotion untuk tubuh yang sesuai untuk digunakan pada malam hari.

2. Secara rutin, manjakan kulit Anda dengan melakukan masker untuk wajah dan lulur untuk tubuh. Anda bisa membuat sendiri masker dari bahan alami atau membeli produk-produk kemasan yang lebih menghemat waku. Sedangkan untuk lulur, jika Anda malas melakukan sendiri ketika mandi, Anda bisa pergi ke tempat spa, dewasa ini sudah banyak tempat-tempat spa yang memberikan perawatan maksimal dengan harga terjangkau. Kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit yang mampu menjadi salah satu penyebab kulit kusam, jadi jangan beranggapan masker hanya untuk kaum wanita saja, sekarang sudah banyak kok kaum pria yang rutin melakukan facial dan spa.

3. Rajinlah membersihkan sisa make-up yang menempel, karena lupa membersihkan wajah akan berakibat pori-pori kita tertutup, dan saat kulit tidak mampu bernapas karena pori-pori tersumbat, hal itu akan memicu timbulnya jerawat. Dan menurut saya, bersembunyi di balik make-up bukanlah kecantikan yang sesungguhnya, jika tidak ada tuntutan menggunakan make-up tebal sebisa mungkin gunakanlah hanya krim kulit yang berfungsi utama untuk melindungi dan melembabkan untuk menghindari kompleksitas kulit sejak dini.

PILIHANKU: BIOKOS DERMA BRIGHT SERIES

Tidak ada komentar:

Posting Komentar