Perawatan wajah

perawatan wajah | Tip perawatan wajah | kosmetik natural | wajah sehat bebas jerawat | wajah berseri dan bercahaya | Top 1 Oli sintetik mobil-motor indonesia | Top 1 Oli sintetik mobil-motor indonesia

Breaking

Minggu, 20 Mei 2012

Remaja Galau Jika Berjerawat

MASIH banyak remaja yang salah dalam memilih produk perawatan wajah atau kecantikan sehingga perlu lebih berhati-hati. Demikian yang disampaikan ahli kecantikan Dr Suksmagita Pratidina dalam ulasannya.

"Risiko yang terjadi apabila keliru memilih adalah timbul lemak pada wajah yang dapat menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat," katanya. Menurutnya, problem kulit wajah remaja secara medis sebenarnya dapat diatasi. Hanya saja, banyak yang belum mengetahuinya sehingga menimbulkan rasa rendah diri karena tidak memiliki kulit wajah yang mulus.

Suksmagita menambahkan, sebenarnya bukan hal yang terlalu rumit untuk mengatasi permasalahan kulit wajah yang sering timbul selama tahu bagaimana merawat wajah. Dia mengatakan, terdapat enam masalah yang sering timbul pada kulit wajah, yaitu jerawat, minyak yang berlebih, komedo, bekas jerawat, pori besar, dan kemerahan.

Enam tanda ini yang perlu diketahui oleh para remaja, dan untuk mengatasinya bukanlah hal yang rumit karena yang dibutuhkan hanya tiga langkah mudah yaitu membersihkan, menyegarkan, dan menuntaskan. Suksmagita mengatakan, semakin dini perawatan kulit dilakukan, semakin besar pula kemungkinan mencegah kerusakan kulit yang dapat terjadi, dan jangan lupa ditunjang dengan menjaga kesehatan tubuh dengan memperhatikan asupan nutrisi dan cairan sesuai kebutuhan, olahraga teratur, serta istirahat yang cukup.

Disadari atau tidak, lanjutnya, seringkali aktivitas kalangan remaja banyak terganggu oleh masalah-masalah kulit wajah. Kulit wajah yang bermasalah, tanpa disadari memberikan dampak psikologis, misalnya tingkat emosi dan kepercayaan diri yang menurun.

"Perawatan yang berlangsung lama dapat memberikan rasa bosan dan menurunkan harapan akan kulit wajah yang bagus," kata Suksmagita.

Remaja, menurut dia, sering merasakan masalah kulit di wajahnya pada saat memasuki usia pubertas di mana hormon androgen yang diproduksi oleh tubuh akan memengaruhi produksi keringat dan sebum. "Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit berminyak, seperti masalah genetis, aktivitas dan lingkungan, terkena matahari secara berlebihan, juga salah memakai produk kecantikan," ujarnya.

Penyanyi Tasya Kamila (19), pada kesempatan itu mengaku sering kali cemas dengan masalah kulit. "Aku paling risih kalau punya jerawat atau kulit yang berminyak, jadi aku selalu menjaga kebersihan kulit wajahku," ujarnya.

Tetapi, dia mengaku merasa beruntung wajahnya tidak sering mengalami masalah jerawat dan minyak dibanding sejumlah kawan dekatnya. (dew/jpnn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar